Kamis, 24 Maret 2016

Gedung Bank Sinarmas Kali Besar

Setelah menyaksikan gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora, langkah pun dilanjutkan ke arah selatan menyusuri Kali Besar Barat. Berjumpalah dengan bangunan lawas yang sekarang digunakan sebagai Bank Sinarmas. Gedung bank ini terletak di Jalan Kali Besar Barat No. 8 Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi gedung bank ini berada di selatan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora, atau utara Toko Merah.
Tak banyak literatur yang mengidentifikasi bangunan lawas ini. Namun, dalam Daftar Bangunan dan Struktur Kolonial di Jakarta yang diunggah oleh Wikipedia, memperlihatkan sebuah foto lawas yang menerangkan akan keberadaan gedung lawas ini. Nama bangunan lawas ini bisa dilihat pada tulisan pada tembok bangunan yang berhimpitan dengan Toko Merah, yaitu NV Reiss & Co. (sekarang tulisan itu sudah tak ada lagi).
NV Reiss & Co., atau NV Handelsvereniging v/h Reiss & Co. merupakan perusahaan milik orang Belanda yang bergerak dalam bidang perdagangan maupun perbankan di Hindia Belanda. Kantor pusatnya berada di Amsterdam, Belanda.


NV Reiss & Co. membuka cabang di Batavia ini lantaran pada masa itu geliat aktivitas ekonomi Batavia sangatlah tinggi. Kanal Kali Besar atau de Groot Rivier merupakan tempat transaksi dan sekaligus bongkar muat barang komoditas, baik yang akan dibawa maupun yang didatangkan dari Eropa. Sehingga, banyak perusahaan-perusahaan milik orang Belanda yang berusaha mendirikan gedung di sekitar Kali Besar ini.
Windoro Adi dalam bukunya, Batavia 1740: Menyisir Jejak Betawi (PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010) menerangkan, bahwa pada tahun 1957 terjadi nasionalisasi terhadap perusahaan-perusahaan asing yang pernah beroperasi di Indonesia (dulu masih bernama Hindia Belanda). NV Reiss & Co. juga termasuk dinasionalisasi, dan berganti nama menjadi PT Kartika Pantja. Lalu, pada tahun 1961 perusahaan ini bersama PT Yudha Bakti Corp. (dulu NV Jacobson van den Berg & Co.), Permata (dulu toko buku dan percetakan Van Dorp & Co.), Tantular (dulu toko buku dan percetakan Visser & Co.), dan NV Tsounas (dulu pabrik coklat Surabaya) dilebur menjadi Perusahaan Dagang Negara Fadjar Bhakti yang kemudian menjadi PN Satya Niaga lalu digabung dengan sejumlah perusahaan kecil Belanda lainnya dengan bendera baru PT Dharma Niaga.
Sekarang ini, gedung tua tersebut diambil alih oleh PT Bank Sinarmas Tbk, dan difungsikan untuk kantor Bank Sinarmas KCP Kali Besar. Pada tahun 2005 PT Sinarmas Multiartha Tbk yang merupakan Kelompok Usaha Sinarmas yang berada di bawah kelompok usaha Financial Services mengambil alih PT Bank Shinta Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 yang memulai operasionalnya sejak Maret 1990. PT Bank Shinta Indonesia mengalami perubahan nama menjadi Bank Sinarmas pada Desember 2006. *** [250216]


0 komentar:

Posting Komentar