Sabtu, 12 Maret 2016

Gedung Singa Kuning Jakarta

Tatkala menyusuri Jalan Kali Besar Barat, Anda akan menemukan dua bangunan yang mirip bentuknya, yaitu Toko Merah dan gedung Singa Kuning. Tak hanya mirip gaya arsitekturnya, kedua bangunan lawas tersebut juga memiliki kisah yang menarik sebagai penunjang kawasan Kota Tua Jakarta (Jakarta Old Town). Kawasan tersebut dalam bahasa Belanda dikenal dengan istilah Oude Batavia (Batavia Tua).
Kendati tak setenar dengan Toko Merah, gedung Singa Kuning ini juga memberikan andil dalam khazanah heritage di sepanjang tepian Kali Besar. Gedung ini terletak di Jalan Kali Besar Barat No. 3-4 Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi gedung ini berada di sebelah utara bekas gedung Chartered Bank of India, Australia and China, atau sebelah selatan gedung Banteng.


Gedung ini dinamakan gedung Singa Kuning karena di muka pintu utamanya terdapat dua patung singa yang semula dicat dengan warna kuning. Tapi sesungguhnya banguna lawas ini merupakan Puri Belanda yang dibangun sekitar akhir abad 18 atau awal abad 19 di Kali Besar Barat. Kemudian puri ini pernah menjadi kantor Bank of China.
Tak hanya itu, beberapa alih fungsi bangunan masih terus berlangsung setelah ditinggalkan Bank of China. Windoro Adi dalam bukunya, Batavia 1740: Menyisir Jejak Betawi (PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008) menjelaskan, bahwa bangunan ini dipugar oleh North Borneo Company pada tahun 1921. Kala itu tangga dipindahkan ke rumah kecil, pintu sebelah kiri, dan di dalam lubang ventilasi di atas pintu utama dipasang ukiran kayu antik yang indah.
Rumah ini pernah digunakan sebagai kantor dan gudang Firma Houghton dan Tels & Co. Seorang bangsawan Jerman, Baron Friedrich von Wumb pun pernah tinggal di sini. Wumb adalah salah seorang pelopor pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen atau Perhimpunan Seni dan Ilmu Pengetahuan Batavia. Selain itu, Wumb juga pendiri Perpustakaan Nasional yang pada tahun 1989 dipindahkan dari gedung Museum Nasional ke gedung bekas Koning Willem III School di Jalan Matraman Raya. *** [250216]

0 komentar:

Posting Komentar