Jumat, 08 April 2016

Ir. Soekarno

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Ayahnya bernama Raden Sukemi Sosrodihardjo dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai Sarimben.
Perkenalannya dengan dunia politik dimulai ketika Soekarno tinggal di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Di rumah inilah Soekarno mendapatkan pengalaman pertamanya mengenai gairah yang mulai mengusik masyarakat Indonesia dan energi politik yang mempersiapkan perlawanan terorganisasi melawan pemerintah kolonial. Sehingga pada saat sekolah HBS (Hogere Burger School), Soekarno sudah aktif dalam pergerakan Tri Koro Darmo, Jong Java dan sering menulis dalam Utusan Belanda.
Ketika menjadi mahasiswa di Bandung, Soekarno sudah banyak bergaul dan berjuang dengan tokoh-tokoh pergerakan. Beliau pun mulai memimpin pergerakan politiknya yang memperjuangkan kemerdekaan. Ide persatuannya lahir dalam bentuk tulisan-tulisan. Karena selalu aktif dalam pergerakan kebangsaan, Soekarno harus mengalami pembuangan ke Bengkulu, Ende, dan lain-lain.
Pada saat proses kemerdekaan Indonesia, Soekarno mempunyai peranan penting. Selain telah merumuskan Naskah Proklamasi, beliau juga membacakan Naskah Proklamasi bersama Moh. Hatta atas nama Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Setelah Indonesia merdeka, Soekarno diangkat menjadi Presiden Republik Indonesia yang pertama. Perjuangan Soekarno untuk negeri ini tidak pernah berhenti karena walaupun Indonesia sudah merdeka, negeri ini masih mendapatkan ancaman dari dalam dan luar negeri yang ingin mengganggu kedaulatan bangsa. Soekarno meninggal dunia tahun 1970.

Sumber:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Documentary Board

0 komentar:

Posting Komentar