Jumat, 08 April 2016

Mr. Ahmad Soebardjo

Ahmad Soebardjo lahir di Desa Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat pada 23 Maret 1896. Ibunya bernama Wardinah Binti Ahmad dan ayahnya Teuku Moh. Jusuf.
Ahmad Soebardjo sudah mulai aktif dalam usaha dan perjuangan untuk kemerdekaan bangsa pada tahun 1917 dengan mengikuti Pergerakan Pemuda Tri Koro Darmo dan kemudian Jong Java. Tahun 1925-1933, Ahmad Soebardjo terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik untuk memperkenalkan gerakan kemerdekaan Indonesia di berbagai forum internasional di antaranya melalui Perhimpunan Indonesia.
Pada saat proses kemerdekaan Indonesia, Ahmad Soebadjo mempunyai peran penting karena atas inisiatif dan usahanya telah membawa kembali Soekarno-Hatta dari Rengasdengklok ke Jakarta. Selain itu, beliau juga turut merumuskan Naskah Proklamasi Kemerdekaan yang akhirnya dibacakan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945.
Setelah Indonesia merdeka, Ahmad Soebardjo dipilih sebagai Menteri Luar Negeri. Perjuangan beliau untuk negeri ini terus dilakukannya sampai akhir hayatnya. Ahmad Soebardjo meninggal dunia tahun 1978.

Sumber:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Documentary Board

0 komentar:

Posting Komentar