Rabu, 22 April 2015

Museum Giok Aceh Abu Usman Top Idocrase

Demam batu giok yang melanda Aceh ternyata tidak sia-sia. Bagi pecinta batu alam, bisa berkunjung ke Aceh karena Provinsi Aceh sekarang memiliki museum yang menyimpang dan mengumpulkan jenis batu alam mulia dari berbagai pelosok Aceh. Museum ini dikenal dengan nama Museum Giok Aceh Abu Usman Top Idocrase.
Museum ini terletak di Jalan Khairil Anwar No. 15-17 Kelurahan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Lokasi museum ini tepat berada di depan Hotel Aceh Barat Peunayong.


Sesuai namanya, Museum Giok Aceh dimiliki oleh Ir. Muhammad Usman alias Abu Usman. Abu Usman yang lahir pada 1964 adalah pengasuh Pondok Pesantren Salafi Assunah di Lampeuneuruet, Aceh Besar dengan jumlah santri sekitar 100 orang. Ia merupakan alumnus Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, menggeluti dunia batu mulia di Aceh sejak 30 tahun silam. Batu giok miliknya berhasil memenangi kontes batu mulia dalam Indonesia Gemstone Competition pada Maret 2014 di Jakarta dengan merebut lima sertifikat sekaligus, yaitu dari juara satu, dua, tiga, harapan satu hingga juara harapan dua. Sejak kemenangan itu, batu giok dari Aceh merajai batu mulia Indonesia, dan hal ini memunculkan inisiatif Abu Usman untuk mendirikan museum giok ini.
Gagasan membuat museum ini muncul setelah proses riset panjang yang dilakukan oleh beberapa pengusaha batu yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Batu Aceh (APBA). Riset itu menunjukkan bahwa aset Aceh yang memliki nilai tinggi belum dikemas  dengan baik. Padahal memiliki nilai ekonomi utnuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sehingga museum ini dibangun, sesungguhnya untuk melestarikan batu giok Aceh berbagai macam jenis.


Museum yang diresmikan pada 3 Februaru 2015 oleh Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf ini terletak di gedung lima lantai dengan luas 10 x 15 meter dan bisa menampung 500 hingga 1.000 orang. Lantai satu terdapat gallery, dua hingga empat tersedia ruang pamer berbagai jenis batu. Sedang lantai atasnya aula serta kantor museum.
Namun pada saat penulis berkunjung ke museum ini, hanya dipandu untuk melihat koleksi batu alam yang berada di lantai saja. Terdapat beragam batu alam, mulai dari bongkahan batu cincin sampai ke asesorisnya. Hanya saja ini baru tahap penyusunan dan dekorasi ruang. Kendati guide menerangkan baru ada ragam koleksi batu alam dari dua kabupaten di Aceh, yaitu Kabupaten Aceh Jaya dan Nagan Raya, namun pesona macamnya telah mampu membuat decak kagum. Sedikitnya ada 20 jenis batu dipamerkan, salah satunya adalah jenis Idocrase Aceh yang memiliki kualitas dunia.
Museum Giok Aceh ini merupakan museum umum yang menyediakan informasi seputar batu alam yang ada di Aceh, dan sekaligus menyediakan informasi wisata Aceh. Museum ini diprioritaskan sebagai tempat pembelajaran mengenai batu-batu mulia yang berada di Bumi Aceh, dan ke depannya diharapkan menjadi pusat riset perbatuan di Aceh.
Pihak museum juga akan bekerjasama dengan travel seluruh Aceh untuk menjadikan museum ini sebagai destinasi wisata baru di Aceh. Terlebih Museum Giok Aceh ini merupakan Museum Giok Idocrase pertama di Indonesia. *** [300315]

2 komentar:

  1. saya yakin blog agan pasti rame, karena indonesia memang sedang rame dan tren batu, tak ketinggalan batu giok. namun banyak orang yang belum tahu khasiat batu giok dan bagaimana cara mendapatkan khasiat batu giok yang sesungguhnya.
    selain suka minuman berenergi, orang Indonesia juga suka menggunakan aksesoris giok seperti gelang giok dan lain sebagainya, namun tidak merasakan apapun, inilah rahasi yang tidak semua orang tahu dan bisa mendapatkannya.
    jika anda juga ingin tahu cara mendapatkan khasiatnya dengan benar
    silakan klik DISINI>> BATU GIOK

    BalasHapus
  2. 12345qwerAJUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus