Minggu, 04 Juni 2017

Stasiun Kereta Api Jenar

Stasiun Kereta Api Jenar (JN) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Jenar, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta yang berada pada ketinggian + 18 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kereta api kelas II. Stasiun ini terletak di Jalan Purworejo-Congot, Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi stasiun ini berada di sebelah selatan perempatan lampu merah Pendowo (Bangjo Pendowo) ± 150 meter.


Bangunan Stasiun Jenar ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Yogyakarta-Maos yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen (SS) pada tahun 1877 sebagai lanjutan dari proyek jalur Solobalapan-Yogyakarta. Jalur sepanjang 155 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Yogyakarta di sebelah timur menuju ke Maos di sebelah barat.
Stasiun ini memiliki 4 jalur dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lurus, menuju ke Stasiun Montelan/Stasiun Kutoarjo ke arah barat dan menuju ke Stasiun Wojo ke arah timur. Jalur 1 digunakan sebagai persilangan kereta atau persusulan antarkereta, sedangkan jalur 4 merupakan jalur buntu. Jalur 4 ini biasanya digunakan untuk parkir gerbong yang pas tidak terpakai.
Kereta api kelas ekonomi jarak jauh yang masih singgah di stasiun ini adalah KA Bogowonto dan KA Jaka Tingkir. Selain itu, KA Prameks secara regular juga menyinggahi stasiun ini sehingga stasiun ini masih menunjukkan keaktifannya sebagai sebuah stasiun yang melayani naik dan turunnya penumpang dari stasiun lain. *** [100517]

Foto : Nurlina Ratnawati

0 komentar:

Posting Komentar