Selasa, 01 Juli 2014

Wisma Tamu Nusa Indah

Di dalam Kebun Raya Bogor terdapat fasilitas untuk penginapan maupun sebagai tempat penyelenggaran kegiatan keluarga (family event), yaitu Wisma Tamu Pinus (Pinus Guest House) yang terletak di samping Pintu 3 (Gate 3) yang berada di sebelah timur dari Kebun Raya ini, dan Wisma Tamu Nusa Indah (Nusa Indah Guest House) yang terletak di samping Laboratorium Treub atau Museum Zoologi.
Secara administratif, lokasi Wisma Tamu Nusa Indah ini terletak di Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.


Dulu, bangunan bergaya kolonial ini merupakan rumah peristirahatan atau rumah dinasnya para petinggi Kebun Raya. Namun karena yang menempati rumah tersebut cukup lama adalah Prof. Dr. Melchior Treub, seorang ahli botani berkebangsaan Belanda yang juga menjadi Direktur Kebun Raya Bogor kala itu hampir 30 tahun maka rumah peristirahatan tersebut dikenal juga sebagai rumah peristirahatan Treub.
Rumah ini berada di lingkungan yang asri karena dikelilingi oleh taman yang menjadi bagian dari Kebun Raya, dan tidak berpagar. Rumah ini memiliki jendela yang lumayan besar di mana di atasnya diberi ornamen berupa lengkungan.
Rumah yang berwarna putih nan megah ini memiliki tujuh kamar berukuran besar di mana yang empat kamar dihubungkan dengan pintu penghubung (connecting door).
Kini, bangunan rumah tersebut difungsikan sebagai salah satu wisma Kebun Raya Bogor dengan nama Wisma Tamu Nusa Indah (Nusa Indah Guest House). Wisma tamu ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) selaku pengelola Kebun Raya Bogor juga.
Menilik dari sisi historis bangunan ini, semestinya bangunan ini bisa diklasifikasikan sebagai bangunan cagar budaya (BCB) yang harus dilindungi dan dilestarikan. *** [260514]

0 komentar:

Posting Komentar