Jumat, 28 September 2012

Klenteng Tien Kok Sie

Klenteng Tien Kok Sie terletak di Jalan R.E. Martadinata No. 12 Solo, atau tepatnya berada di selatan Pasar Gede Harjonagoro.
Pada awalnya, klenteng ini berada di Kartasura yang kemudian pindah ke Solo seiring dengan kepindahan kerajaan trah Mataram dari Kartasura ke Desa Sala (Surakarta). Klenteng ini didirikan bersamaan dengan pembangunan Kraton – yang kelak diberi nama Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – pada tahun 1745.
Klenteng yang dikenal dengan nama Klenteng Tien Kok Sie ini juga dikenal sebagai Avalokhiteswara, tempat ibadah umat Tri Dharma (Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme). Bangunan Klenteng Tien Kok Sie kental dengan arsitektur Tiongkok yang memiliki ciri khas, megah dan kokoh, termasuk ornamen-ornamen di dalamnya.


Saat ini,  Klenteng Tien Kok Sie secara keseluruhan menempati lahan seluas ±250 m². Sebenarnya klenteng ini mempunyai beberapa bagian yang hilang karena sempat tak diketahui sejarahnya, dan termakan bagian sekitarnya. Namun, demikian masih ada beberapa bagian yang masih bisa disaksikan sampai sekarang, yaitu ruangan pelataran depan, Ruang Thia, Ruang Sien Bing dan bangunan rumah tangga penjaga klenteng.
Ruang Thia dan Ruang Sien Bing merupakan ruang pemujaan. Dalam ruang pemujaan terdapat beberapa altar dan meja untuk persembahan kepada dewa.
Lokasi Klenteng Tien Kok Sie yang berada di daerah “Pecinan Solo” membawa konsekuensi tersendiri bagi keberadaannya di tengah-tengah salah satu pusat perekonominan yang berada di Solo. Kondisi di sekitar Klenteng ini hampir selalu ramai setiap harinya. Di depan klenteng setiap harinya dilewati oleh ratusan kendaraan, bahkan di depan pintu masuk klenteng dijadikan tempat parkir mobil dan motor. Di sebelah kanan-kiri bangunan ini klenteng juga dipenuhi bangunan toko. Bangunan toko ini memiliki ketinggian bangunan yang melebihi tinggi klenteng, sehingga seolah-olah klenteng Tien Kok Sie ini terhimpit oleh bangunan di sekitarnya dan mengurangi nilai kesakralannya sebagai tempat ibadah. ***

0 komentar:

Posting Komentar