The Story of Indonesian Heritage

SMA YZA 2 Bogor

Melintasi kawasan Kebon Kelapa menuju ke arah Semplak, terdapat beberapa bangunan kuno yang ada di sepanjang jalan. Salah satunya adalah bangunan sekolah milik Yayasan Zelani Al-Mansyur (YZA). Di dalam kompleks sekolah ini sebenarnya terdapat banyak sekolahan yang dikelola oleh YZA, seperti SMP YZA 2 Bogor, SMA YZA 2 Bogor, SMK YZA 3 Bogor, dan SMK YZA 4 Bogor. Namun, masyarakat sekitar lazim mengenalnya sebagai Gedung SMA YZA 2 Bogor.
Gedung SMA YZA 2 terletak di Jalan DR. Semeru No. 59 Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi bangunan sekolahan ini tidak begitu jauh dengan Pusat Grosir Bogor (PGM).


Awalnya, bangunan gedung sekolah ini merupakan rumah tinggal yang dikelilingi kompleks asrama atau tangsi tentara dahulu digunakan sebagai tempat pemantauan daerah kompleks tersebut melalui menaranya yang menyatu dengan rumah tersebut. Sesuai dengan penanda yang ada di atas genteng, bangunan gedung SMA YZA 2 ini diperkirakan dibangun pada tahun 1906.
Bangunan bercorak kolonial ini memilik luas bangunan 607 m² di atas lahan seluas 3.310 m², dengan status kepemilikan ada pada YZA.
Gedung SMA YZA 2 Bogor ini merupakan bangunan yang telah ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya (BCB) yang ada di Kota Bogor. Oleh karena itu, dilindungi dengan UU sehingga bangunan sekolah ini harus tetap dijaga keaslian dan tetap dilestarikan. *** [190514]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami