Kamis, 21 Juni 2012

Stasiun Kereta Api Tangerang

Secara administratif, Stasiun Kereta Api Tangerang terletak di Kelurahan Pasar Anyar, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Stasiun ini berbatasan dengan pertokoan dan parkiran di sebelah utara, pertokoan dan pemukiman di sebelah timur, serta pemukiman di sebelah selatan.
Stasiun ini ada bersamaan dengan lintas jalur kereta api Duri-Tangerang, yaitu pada tanggal 2 Januari 1889. Arsitek bangunan stasiun dan lintasannya dari Staatspoorwagen (SS). Stasiun Tangerang merupakan stasiun akhir karena tidak ada lanjutan lintasan.
Bangunan stasiun ini telah mengalami banyak perubahan termasuk dalam bentuk bangunan. Bagian yang telah dirubah terlihat pada peron, loket, kantor, dan toilet. Bangunan inti stasiun berdenah persegi panjang yang memanjang dari barat ke timur, bangunan tersebut yang banyak perubahan.
Stasiun pernah mengalami kebakaran pada tahun 2000an di sisi timur. Selain bangunan, perubahan sangat nampak pada jumlah jalur kereta api yang semula berjumlah lima menjadi berjumlah dua jalur. Bagian yang masih tampak asli tampak pada beberapa jendela, pintu dan kisi-kisi bangunan. Pada sebelah utara kantor terdapat papan yang menjelaskan telah dilindungi oleh Negara sebagai Benda Cagar Budaya, dikeluarkan oleh pusat pelestarian Benda dan Bangunan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). *** [210612]

0 komentar:

Posting Komentar