Selasa, 10 Juli 2012

Museum Minyak dan Gas Bumi “GRAHA WIDYA PATRA”

Museum Minyak dan Gas Bumi “GRAHA WIDYA PATRA” Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berada di anjungan TMII, bersebelahan dengan Museum Listrik. Museum ini lebih dekat diakses dengan melalui Pintu Masuk 4 TMII.


Museum ini dibangun dalam rangka memperingati 100 tahun Usaha Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Indonesia. Gagasan dan rancangan induknya direstui oleh Presiden Republik Indonesia pada upacara pembukaan Konvensi Indonesian Petroleum Association ke-XIV, pada tanggal 8 Oktober 1985 dan dibuka setelah diresmikan pada tanggal 20 April 1989.


Dewasa ini bangunan yang ada, terdiri darii gedung utama menyerupai anjungan minyak lepas pantai, dan dua buah gedung berbentuk tanki timbun minyak bumi. Pada gedung utama terdapat teater minyak yang memutar film-film tentang perminyakan. Ruang Peran yang memamerkan peranan minyak dan gas bumi dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia dan Ruang Sejarah menggambarkan perkembangan perminyakan di tanah air.


Gedung tanki timbun migas sebelah kanan digunakan untuk memamerkan kegiatan-kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan produksi, sedangkan tanki timbun sebelah kiri direncanakan untuk memamerkan kegiatan-kegiatan pengolahan migas, pengangkutan dan dampak lingkungan. Di luar gedung, dipamerkan benda-benda peragaan asli yang pernah dipakai oleh perusahaan-perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi pada waktu lampau. *** [050712]

0 komentar:

Posting Komentar