The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Wilangan

Stasiun Kereta Api Wilangan (WLG) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Wilangan, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun yang berada pada ketinggian + 96 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kereta api yang berada paling barat di Kabupaten Nganjuk.
Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun Wilangan, Desa Wilangan, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada di sebelah barat daya dari Masjid Jamik Wilangan.


Bangunan Stasiun Wilangan ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Kertosono-Nganjuk-Madiun yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, Staatsspoorwegen, dari tahun 1881 dan selesai pada tahun 1882. Jalur tersebut merupakan bagian dari proyek jalur kereta api di Jawa untuk line menuju bagian timur (oosterlijnen) sepanjang 69 kilometer.
Stasiun ini memiliki 3 jalur. Jalur 1 dan 2 masih aktif untuk perlintasan kereta api secara langsung maupun persilangan saja. Sedangkan, jalur 3 sepertinya sudah tidak difungsikan lagi.
Stasiun Wilangan ini merupakan stasiun berukuran kecil yang berfungsi sebagai stasiun persilangan saja, sehingga tidak tampak ada aktivitas untuk menaikkan maupun menurunkan penumpang di stasiun ini kendati sebenarnya stasiun ini memiliki peron yang berada di sisi.  *** [030614]

Share:

1 komentar:

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami