Stasiun
Kereta Api Salem (SLM) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Salem,
merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah
Operasi (Daop) 6 Yogyakarta yang berada pada ketinggian + 146 m di atas permukaan
lain. Stasiun Salem terletak di Jalan Solo-Purwodadi Km. 20 Desa Kwangen,
Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi stasiun ini
berada di sebelah utara perempatan palang Gemolong berjarak sekitar 100 meter,
atau di depan Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja Cabang Pembantu Gemolong.
Bangunan
Stasiun Salem ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Sebelum
stasiun ini dibangun, terlebih dulu dilakukan pembangunan jalur rel kereta api Tanggung-Kedungjati-
Gundih-Solobalapan. Pembangunan jalur tersebut dimulai pada tahun 1868 dan
selesai pada tahun 1870 oleh Nederlandsch-Indische
Spoorweg Maatschappij, perusahaan kereta api swasta di Hindia Belanda,
sepanjang 83 kilometer. Proyek jalur kereta api
Tanggung-Kedungjati-Gundih-Solobalapan ini merupakan bagian dari proyek besar
jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden.
Vorstenlanden merupakan istilah yang digunakan orang Belanda dalam sejarah Jawa untuk menyebut daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan empat monarki asli Jawa pecahan dari Dinasti Mataram, yaitu Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.
Stasiun
ini memiliki 3 jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus arah utara (menuju Gundih)
dan selatan (menuju Solo). Stasiun ini dilewati oleh kereta api Kalijaga tujuan
ke Purwosari dan Semarang Poncol, kereta api Brantas tujuan Kediri dan
Tanahabang (Jakarta), serta kereta api Matarmaja tujuan ke Malang dan Pasar
Senen (Jakarta).
Stasiun
Salem ini merupakan stasiun kelas III/kecil, berbentuk persegi panjang dengan bangunan
stasiun berukuran 198 m². Stasiun ini tercatat sebagai aset PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) dengan nomor register 189/06/SLM/BD.
Perkeretaapian
di wilayah Semarang-Vorstenlanden merupakan jalur kereta api yang didirikan
pertama kali di Indonesia. Bangunan stasiun ini memiliki keunikan karena nilai
historisnya. *** [211215]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar