The Story of Indonesian Heritage

Mr. I Goesti Ketut Poedja

Lahir pada tanggal 19 Mei 1908 di Sukasada, Singaraja, Bali. Beliau memulai pendidikannya di Hollandsche Indlandsche School (HIS) dan selanjutnya meneruskan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Malang, selesai tahun 1926. Tahun 1929 beliau menyelesaikan sekolah di Algemene Middelbare School (AMS) di Bandung, kemudian melanjutkan lagi ke Rechts Hogeschool (RHS) di Jakarta hingga selesai pada tahun 1934.
Pada bulan Agustus 1945 beliau ditunjuk sebagai wakil dari Sunda Kecil untuk menghadiri rapat PPKI dan turut menyaksikan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
Pada tanggal 22 Agustus 1945 beliau diangkat menjadi Gubernur Sunda Kecil kemudian menjabat sebagai Menteri Kehakiman Negara Indonesia Timur sejak 20 Mei 1950 sampai dengan Juli 1950. Sebelum memasuki usia pensiun, beliau sempat menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pada tahun 1960-1968.
I Goesti Ketut Poedja meninggal pada tanggal 4 Mei 1977 dalam usia 69 tahun di Jakarta dan dikebumikan di Sukasada, Singaraja, Bali. Sedangkan perabuannya dilaksanakan pada 1 November 1985 dalam satu upacara Ngaben di Singaraja. Atas jasanya terhadap negara, Pemerintah Republik Indonesia menganugerahkan Satya Lencana Satya Kelas II.

Sumber:
Museum Perumusan Naskah Proklamasi Documentary Board
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami