The Story of Indonesian Heritage

Kassian Cephas

Cephas lahir pada 15 Februari 1844. Ia diangkat anak oleh pasangan Belanda yang tinggal di Yogyakarta. Pada usia 16 tahun, Kasijan (nama aslinya) masuk Kristen Protestan dan dibaptis di Purworejo oleh Pendeta Braams. Pendeta inilah yang memberi nama baptis Cephas, diambil dari bahasa Semit kuno, yang sama artinya dengan Petrus.
Dalam dunia fotografi, barangkali hanya sedikit yang mengenal Kasijan Cephas. Padahal orang Jawa inilah pelopor sekaligus ahli fotografi pertama dari kalangan bumiputera.
Kassian Cephas (1845-1912), sering juga dituliskan dengan Kasijan Cephas, merupakan fotografer pribumi Jawa yang cukup fenomenal. Dia menjadi terkenal karena karya fotografinya menjadi bersifat dokumentatif dan menjadi rujukan banyak orang terutama yang memiliki perhatian besar pada dunia kesejarahan, seni fotografi, dan arkeologi. Karya-karya fotografi Cephas menjadi dokumen penting bagi dunia tersebut.
Meski masih menggunakan alat-alat yang sederhana, tanpa bidikan kamera Cephas, relief Karmawibhangga yang terletak di sisi tenggara Candi Borobudur tidak akan pernah terekam. Pasalnya, 160 panil Karmawibhangga itu terkubur rapat di dalam tanah karena juga berfungsi sebagai penyangga konstruksi candi.
Cephas karir pertamanya dimulai dengan menjadi juru foto resmi istana. Ia mulai membuat foto di atas lempengan kaca sejak 1875, dan sebagian besar menggambarkan keluarga dan suasana Kraton Kesultanan Yogyakarta. Pada 1885, Cephas ikut dalam kegiatan dokumentasi peninggalan purbakala yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Ilmu-Ilmu Purbakala, Geografi, Etnografi dan Bahasa milik Belanda. Pada tahun itulah, ia pernah menemukan relief Karmawibhangga yang tersembunyi di Borobudur. Dengan kamera tradisional, Cephas langsung mengabadikan dengan sangat baik dan jelas. 
Cephas meninggal dunia di Yogyakarta di usia 68 tahun dan dimakamkan di pekuburan Kristen. Ketika dipindahkan pada tahun 1963, jejak kuburan Cephas ikut lenyap. ***

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami