The Story of Indonesian Heritage

Gedung Balai Kota Malang

Mengunjungi Alun-Alun Tugu memberikan keuntungan tersendiri. Karena kawasan Alun-Alun Tugu dikelilingi oleh bangunan-bangunan peninggalan masa pemerintahan Kolonial Belanda. Bangunan tersebut pada umumnya berfungsi sebagai sarana pemerintahan dan pendidikan yang sampai pada saat ini masih terlihat megah. Salah satu sarana pemerintahan yang masih bisa dilihat adalah Gedung Balai Kota Malang.
Gedung Balai Kota Malang terletak di Jalan Tugu No. 1 Keluraham Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi gedung ini menghadap ke Alun-Alun Tugu, dan berdekatan dengan Hotel Splendid Inn maupun Hotel Tugu.
Sebelum tahun 1914 Malang masih merupakan daerah bagian dari Karesidenan Pasuruan dan kekuasaan tertinggi di Malang adalah Asisten Residen yang berkantor di selatan alun-alun (sekarang Kantor Pos). Setelah Kota Malang dinaikkan statusnya menjadi Gemeente (Kotamadya) pada 1 April 1914, Malang berhak memerintah daerah sendiri dengan dipimpin oleh seorang Burgemeester (Wali Kota). Jabatan wali kota waktu itu dirangkap oleh Asisten Residen sampai tahun 1918. Baru pada tahun 1919, Malang mempunyai wali kota pertama yaitu H.I. Bussemaker. Alun-alun sebagai simbol pemerintahan lama dianggap sudah tidak mewakili gaya pemerintah baru yang lebih modern dan diusulkan untuk membuat daerah pusat pemerintahan baru yaitu di daerah Jan Pieterszoon P Coenplein (Lapangan J.P. Coen). Karena lapangan tersebut berbentuk bundar maka disebut Alun-alun Bundar.



Pada 26 April 1920 dibuat perencanaan kota yang di dalamnya termasuk pembangunan gedung balai kota sebagai tempat pemerintahan yang baru. Gagasan perencanaan itu timbul setelah wali kota mengadakan sayembara perencanaan Balai Kota Malang dengan juri Ir. W. Lemei, Ir. Ph. N Te Winkel dan Ir. A. Grunberg. Dari 22 peserta lomba tidak ada satu pun yang memenuhi syarat, maka pada 14 Februari 19127 diputuskan oleh dewan kota agar rancangan yang paling baik diadakan perubahan dan segera dilaksanakan pembangunan dengan anggaran F.287.000. Rancangan yang akhirnya dipakai adalah karya H.F. Horn dari Biro Arsitek di Semarang dengan motto: Voor de burgers van Malang (untuk warga Malang). Pembangunan Balai Kota dilaksanakan dari tahun 1927 sampai tahun 1929, dan mulai ditempati pada September 1929 oleh wali kota kedua, Ir. EA Voorneman.
Pada saat telah ditempati, Balai Kota Malang masih terasa ada beberapa kekurangan pada desain bangunan tersebut, terutama pada desain interior bangunannya. Akhrinya, pihak Balai Kota Malang meminta bantuan kepada Cosman Citroen. Citroen merupakan arsitek kolonial Belanda generasi kedua setelah tahun 1900 yang berdomisil di Surabaya. Ia pernah merancang Balai Kota Surabaya (1925). Sehingga, ketika Citroen diminta membantu pihak Balai Kota Malang, maka ia langsung merancang sendiri ruang wali kota yang sampai sekarang masih terlihat megah.
Pada waktu terjadi Operatie Product atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Agresi Militer Belanda I, Belanda mulai melakukan penyerbuan ke Malang dan disambut dengan pembumihangusan oleh para pejuang kita. Dalam tragedi Bumi Hangus tersebut, banyak gedung-gedung penting yang dulu dibangun oleh pihak Kolonial Belanda dibakar oleh pejuang kita. Termasuk salah satunya adalah Gedung Balai Kota Malang.
Setelah agresi yang dilancarkan oleh Belanda, baik Agresi Militer Belanda I dan Agresi Militer Belanda II selesai, dan situasi perang kemerdekaan telah benar-benar berakhir maka gedung balai kota mulai dibangun kembali, dan sekarang bangunan yang tetap dipertahankan keasliannya ini menjadi bangunan cagar budaya di Kota Malang yang menjadi ikon Kota Malang. *** [260415]

Share:

1 komentar:

  1. melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


    CCTV bisa dipantau dg hp.

    AC pendingin ruangan.

    bel panggil perawat atau pegawai.

    running text LED.

    GPS tracker buat kendaraan.

    ALARM gedung.

    PABX telephone lokal.

    Panel listrik dan instalasi.

    design alat sesuai kebutuhan.

    bel jam otomatis.

    alat elektronik mesincuci dll

    Speaker gedung.

    untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
    0822 315 625 89
    Atau
    tsabitataya@gmail.com

    Saya siap brkunjung ke tempat anda.




    ac tidak dingin , servis cctv di malang , tukang cctv , cctv paket berapa , harga cctv , dvr tidak bisa merekam , jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen ; beli cctv dimana , cctv mati , pasang cctv, telepon rusak , pbx , kediri , blitar , , pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami. cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati,

    BalasHapus

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami