The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Wates

Stasiun Kereta Api Wates (WT) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Wates, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta yang berada pada ketinggian + 18 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kereta api kelas II. Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun, Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi stasiun ini berada di sebelah selatan alun-alun Wates, atau depan BPD DIY Cabang Wates.
Bangunan Stasiun Wates ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Yogyakarta-Maos yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen (SS) pada tahun 1877 sebagai lanjutan dari proyek jalur Solobalapan-Yogyakarta. Jalur sepanjang 155 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Yogyakarta di sebelah timur menuju ke Maos di sebelah barat.
Hanya saja bila dilihat dari fasadnya saat ini, sudah terdapat tambahan bangunan di bagian depannya yang berfungsi untuk drop zone bagi pengantar maupun penjemput penumpang.
Stasiun ini memiliki 3 jalur dengan jalur 1 dan 2 sebagai sepur lurus, menuju ke Stasiun Kedundang ke arah barat dan menuju ke Stasiun Kalimenur ke arah timur. Sedangkan jalur 3 digunakan untuk persilangan atau persusulan antarkereta api yang melintas di stasiun ini.
Stasiun Wates kini menjadi stasiun yang sibuk di Kabupaten Kulon Progo. Banyak layanan kereta api yang beraktivitas di stasiun ini, seperti KA kelas campuran eksekutif bisnis, kelas bisnis, kelas ekonomi AC plus, kelas ekonomi AC premium maupun kelas ekonomi AC. Hal ini dikarenakan Stasiun Wates merupakan representatif dari stasiun tingkat kabupaten. *** [010717]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami