The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Manonjaya

Stasiun Kereta Api Manonjaya (MNJ) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Manonjaya, merupakan salah satu stasiun kereta api kelas III/kecil yang berada di bawah manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasai (Daop) 2 Bandung dengan ketinggian +292 m di atas permukaan laut. Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi stasiun ini berada di sebelah barat daya Masjid Agung Manonjaya ± 700 m.

Foto: Stasiun Manonjaya (Agus Krisnanto)

Bangunan Stasiun Manonjaya merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Pembangunannya bersamaan dengan adanya pembangunan jalur rel kereta api Cibatu-Tasikmalaya-Banjar-Maos sepanjang 174 kilometer, yang dilakukan oleh perusahaan kereta api milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen (SS). Pengerjaan dilaksanakan dari tahun 1893 hingga tahun 1894 sebagai bagian dari proyek jalur kereta api untuk jalur bagian barat (Westerlijnen).
Jalur Cibatu-Tasikmalaya-Banjar-Maos ini, pengerjaannnya dibagi ke dalam 5 seksi. Untuk pembangunan Stasiun Manonjaya termasuk dalam seksi 3. Seksi 3 berkedudukan di Ciamis dimulai dari Tasikmalaya sampai Citanduy menyeberang di Balokan sejauh 28.819 meter, dan seluruh jalur Cibatu-Tasikmalaya-Banjar-Maos  tersebut dapat diselesaikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 1 November 1894.
Stasiun Manonjaya memiliki tiga jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Arah barat menuju ke Stasiun Awipari, dan yang mengarah ke timur laut menuju ke arah Stasiun Ciamis. Sedangkan, jalur 1 dan 3 digunakan untuk pembelokan kereta api manakala terjadi persilangan atau persusulan antarkereta.
Saat ini Stasiun Manonjaya tergolong sepi karena di stasiun tersebut tidak ada aktivitas menaikkan maupun menurunkan penumpang. Layanan yang ada hanya untuk persilangan dan persusulan antarkereta api saja. *** [011219]

Kepustakaan:
Mulyana, Agus. (2017). Sejarah Kereta Api di Priangan. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Oegema, J.J.G. (1982). De Stoomtractie op Java en Sumatra. Deventer-Antwerpen: Kluwer Technische Boeken
______ . (2014). Buku Informasi Perkeretaapian Tahun 2014. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
http://www.studiegroep-zwp.nl/halten/Halte-13-Trajecten1.htm
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami